PROSEDUR TROUBLESHOOTING (Diagnosa Problem Koneksi)

Beberapa hal yang perlu diperhatikan bila koneksi ADSL bermasalah (down):  
     
 
- Cek perangkat modem Anda
   
 
a) Cek lampu indikator modem
  Cek apakah lampu power nyala? Jika tidak, cek adaptor atau catuan daya serta coba nyalakan modem di sumber listrik berbeda. Jika masih mati, kemungkinan modem mengalami kerusakan.
   
b) Cek lampu LAN/Ethernet
  Cek apakah lampu LAN/Ethernet nyala? Jika tidak, cek kabel UTP/LAN apakah sudah terhubung antara PC dengan modem?
   
c) Cek lampu link ADSL dan jika nyala, tidak berkedip (blinking)
  Cek apakah lampu link ADSL nyala & tidak blinking? Jika tidak nyala atau lampunya berkedip, cek kabel telepon yang masuk ke port modem. Jika perlu lepaskan splitter (kabel telepon langsung ke modem).
   
- Cek parameter koneksi modem
   
  Cek parameter setting koneksi modem, sesuai petunjuk instalasi, seperti username, password, nilai VCI & VPI, tipe koneksinya, dst.
   
- Bila lampu indikator modem sudah normal dan parameter koneksi sudah benar, tapi masih belum bisa melakukan koneksi Internet, lanjutkan dengan cek setting network connection
   
 
a) Klik Start > Settings > Control Panel > Network Connections
   
b) Double click icon Local Area Connections
   
c) Dari menu Local Area Connection, klik tab Support > Connection Status, lalu Details
 
  • Address type: Assign DHCP (default)
  • IP Address: harus sesuai dengan IP modem (ex: 192.168.1.2 – default) jika menggunakan IP dynamic. Jika menggunakan IP static, silakan set dengan IP yang diberikan oleh ISP
  • Subnet Mask: 255.255.255.0
  • Default Gateway: harus berisi IP modem (ex: 192.168.1.1 – default)
  • DNS Server: 202.51.232.114  (DNS JalaWave)
   
d) Cek koneksi lokal dan lanjutkan dengan cek koneksi Internet
 
  • Klik Start > Run > cmd, dan pada tampilan command prompt, ketik: ping 192.168.1.1 -t (ip modem), hasilnya, harus muncul: Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time=1ms TTL=254 (contoh)
  • Ping 202.51.232.114 -t (DNS server JalaWave), hasilnya, harus muncul: Reply from 202.51.232.114: bytes=32 time=19ms TTL=60 (contoh)
   
e) Kemudian cek Internet Options. Klik Start >  Settings > Control Panel > Internet Options
 
  • Dari menu Internet Properties, pilih tab Security dan buat default level semuanya
  • Kemudian klik tab Connections, dan pilih Never dial a connection
  • Klik LAN settings, dan pilih/centang Automatically detect setting, hilangkan 2 pilihan lainnya
  • Internet Properties > tab Advanced, klik Restore advanced settings (default)
   
- Jika semua langkah sudah dijalankan tapi masih belum bisa terkoneksi, silakan kontak Technical Support JalaWave untuk di analisa lebih jauh permasalahanny

0 komentar:

Posting Komentar

Minggu, 12 Desember 2010

PROSEDUR TROUBLESHOOTING (Diagnosa Problem Koneksi)

Beberapa hal yang perlu diperhatikan bila koneksi ADSL bermasalah (down):  
     
 
- Cek perangkat modem Anda
   
 
a) Cek lampu indikator modem
  Cek apakah lampu power nyala? Jika tidak, cek adaptor atau catuan daya serta coba nyalakan modem di sumber listrik berbeda. Jika masih mati, kemungkinan modem mengalami kerusakan.
   
b) Cek lampu LAN/Ethernet
  Cek apakah lampu LAN/Ethernet nyala? Jika tidak, cek kabel UTP/LAN apakah sudah terhubung antara PC dengan modem?
   
c) Cek lampu link ADSL dan jika nyala, tidak berkedip (blinking)
  Cek apakah lampu link ADSL nyala & tidak blinking? Jika tidak nyala atau lampunya berkedip, cek kabel telepon yang masuk ke port modem. Jika perlu lepaskan splitter (kabel telepon langsung ke modem).
   
- Cek parameter koneksi modem
   
  Cek parameter setting koneksi modem, sesuai petunjuk instalasi, seperti username, password, nilai VCI & VPI, tipe koneksinya, dst.
   
- Bila lampu indikator modem sudah normal dan parameter koneksi sudah benar, tapi masih belum bisa melakukan koneksi Internet, lanjutkan dengan cek setting network connection
   
 
a) Klik Start > Settings > Control Panel > Network Connections
   
b) Double click icon Local Area Connections
   
c) Dari menu Local Area Connection, klik tab Support > Connection Status, lalu Details
 
  • Address type: Assign DHCP (default)
  • IP Address: harus sesuai dengan IP modem (ex: 192.168.1.2 – default) jika menggunakan IP dynamic. Jika menggunakan IP static, silakan set dengan IP yang diberikan oleh ISP
  • Subnet Mask: 255.255.255.0
  • Default Gateway: harus berisi IP modem (ex: 192.168.1.1 – default)
  • DNS Server: 202.51.232.114  (DNS JalaWave)
   
d) Cek koneksi lokal dan lanjutkan dengan cek koneksi Internet
 
  • Klik Start > Run > cmd, dan pada tampilan command prompt, ketik: ping 192.168.1.1 -t (ip modem), hasilnya, harus muncul: Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time=1ms TTL=254 (contoh)
  • Ping 202.51.232.114 -t (DNS server JalaWave), hasilnya, harus muncul: Reply from 202.51.232.114: bytes=32 time=19ms TTL=60 (contoh)
   
e) Kemudian cek Internet Options. Klik Start >  Settings > Control Panel > Internet Options
 
  • Dari menu Internet Properties, pilih tab Security dan buat default level semuanya
  • Kemudian klik tab Connections, dan pilih Never dial a connection
  • Klik LAN settings, dan pilih/centang Automatically detect setting, hilangkan 2 pilihan lainnya
  • Internet Properties > tab Advanced, klik Restore advanced settings (default)
   
- Jika semua langkah sudah dijalankan tapi masih belum bisa terkoneksi, silakan kontak Technical Support JalaWave untuk di analisa lebih jauh permasalahanny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright @ komputer ^-* -------> | Floral Day theme designed by SimplyWP | Bloggerized by GirlyBlogger