|
- | Cek perangkat modem Anda |
| |
|
a) | Cek lampu indikator modem |
| Cek apakah lampu power nyala? Jika tidak, cek adaptor atau catuan daya serta coba nyalakan modem di sumber listrik berbeda. Jika masih mati, kemungkinan modem mengalami kerusakan. |
| |
b) | Cek lampu LAN/Ethernet |
| Cek apakah lampu LAN/Ethernet nyala? Jika tidak, cek kabel UTP/LAN apakah sudah terhubung antara PC dengan modem? |
| |
c) | Cek lampu link ADSL dan jika nyala, tidak berkedip (blinking) |
| Cek apakah lampu link ADSL nyala & tidak blinking? Jika tidak nyala atau lampunya berkedip, cek kabel telepon yang masuk ke port modem. Jika perlu lepaskan splitter (kabel telepon langsung ke modem). |
|
| |
- | Cek parameter koneksi modem |
| |
| Cek parameter setting koneksi modem, sesuai petunjuk instalasi, seperti username, password, nilai VCI & VPI, tipe koneksinya, dst. |
| |
- | Bila lampu indikator modem sudah normal dan parameter koneksi sudah benar, tapi masih belum bisa melakukan koneksi Internet, lanjutkan dengan cek setting network connection |
| |
|
a) | Klik Start > Settings > Control Panel > Network Connections |
| |
b) | Double click icon Local Area Connections |
| |
c) | Dari menu Local Area Connection, klik tab Support > Connection Status, lalu Details |
| - Address type: Assign DHCP (default)
- IP Address: harus sesuai dengan IP modem (ex: 192.168.1.2 – default) jika menggunakan IP dynamic. Jika menggunakan IP static, silakan set dengan IP yang diberikan oleh ISP
- Subnet Mask: 255.255.255.0
- Default Gateway: harus berisi IP modem (ex: 192.168.1.1 – default)
- DNS Server: 202.51.232.114 (DNS JalaWave)
|
| |
d) | Cek koneksi lokal dan lanjutkan dengan cek koneksi Internet |
| - Klik Start > Run > cmd, dan pada tampilan command prompt, ketik: ping 192.168.1.1 -t (ip modem), hasilnya, harus muncul: Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time=1ms TTL=254 (contoh)
- Ping 202.51.232.114 -t (DNS server JalaWave), hasilnya, harus muncul: Reply from 202.51.232.114: bytes=32 time=19ms TTL=60 (contoh)
|
| |
e) | Kemudian cek Internet Options. Klik Start > Settings > Control Panel > Internet Options |
| - Dari menu Internet Properties, pilih tab Security dan buat default level semuanya
- Kemudian klik tab Connections, dan pilih Never dial a connection
- Klik LAN settings, dan pilih/centang Automatically detect setting, hilangkan 2 pilihan lainnya
- Internet Properties > tab Advanced, klik Restore advanced settings (default)
|
|
| |
- | Jika semua langkah sudah dijalankan tapi masih belum bisa terkoneksi, silakan kontak Technical Support JalaWave untuk di analisa lebih jauh permasalahanny |
|
0 komentar:
Posting Komentar